Selasa tanggal 13 Juni 2023 bertempat di Ruang Sekar Inggil Lantai 5 ASTON INN Cilacap Jalan Budi Utomo No.37 Kelurahan Sidakaya Kabupaten Cilacap, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan Tahun 2023 dengan tema “Restorative Justice Dalam Penanganan Sengketa Pertanahan”

Adapun Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan Tahun 2023 disampaikan oleh 3 (tiga) Narasumber yakni:

  1. Herlina, S.H. (Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Cilacap) dengan tema “Restorative Justice Dalam Penanganan Sengketa Pertanahan”
  2. Briyan, S.Ts.k (Polresta Cilacap Kabupaten Cilacap) dengan tema ‘Kolaborasi Dalam Penanganan Kasus Pertanahan”.
  3. Dr. Sri Wahyu Handayani, S.H, M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto) dengan tema “Membangun Mediasi Yang Efektif”

Bahwa materi yang disampaikan Narasumber Herlina, S.H. (Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Cilacap) yakni terkait sebagai berikut:

  1. Pengertian keadilan Restorative Justice
  2. Perkara apa saja yang bisa dilakukan penyelesaian dengan Restorative Justice
  3. Syarat syarat apa saja sehingga suatu perkara pidana dapat diselesaikan oleh Kejaksaan Secara Restorative Justice
  4. Kaitan Restorative Justice dengan Sengketa Tanah Dimungkinkan dengan adanya sosialisasi tersebut sebagai upaya untuk mencegah terjadinya Sengketa, Konflik dan Perkara Pertanahan guna mengurangi dan menekan jumlah kasus pertanahan di Kabupaten Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *