Foto bersama setelah penyerahan DIPA dan penghargaan kepada Dispermades dan Bea dan Cukai oleh Bupati Cilacap. (dok.humas/setda)

CILACAP – Dana DIPA tahun 2022 harus dapat digunakan sebaik-baiknya dan jaga amanah dalam mengelola keuangan negara, agar dapat memberikan manfaat yang besar untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Cilacap.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam acara Penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cakti, Selasa (14/12/2021).

WhatsApp Image 2021 12 14 at 12.46.59
Bupati Tatto Suwarto Pamuji saat memberikan sambutan. (dok.humas/setda)

“Kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) baik OPD maupun instansi vertikal kementerian atau lembaga, saya juga berpesan untuk melakukan percepatan belanja sejak DIPA diserahkan. Proses pengadaan barang dan jasa sudah bisa dimulai sebelum tahun anggaran 2022 dimulai,” pesannya.

Selain DIPA, Bupati juga berpesan agar penggunaan dana Desa agar dioptimalkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan di Kabupaten Cilacap.

“Program BLT Desa dan program lainnya tetap dilanjutkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyararakat,” kata Tatto.

Tema Penyerahan DIPA tahun 2022 adalah Melanjutkan Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Harmonisasi Belanja Kementerian/Lembaga dan TKDD. Ini disampaikan Plt Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cilacap Anto Widiyatno.

“Maka dari itu, kita harus berkolaborasi. Anggaran yang dialokasikan melalui kementerian/lembaga dan melalui pemerintah daerah melalui TKDD ini harus kita sinergikan. Yang perlu disinergikan disini adalah meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kualitas SDM,” ungkap Anto dalam sambutannya.

 Alokasi dana APBN tahun 2022 yang dikucurkan oleh Kabupaten Cilacap total Rp 2,99 triliun naik sebesar 2% dibandingkan tahun 2021. Ini dibagi untuk alokasi belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 666 milyar turun 13% dari tahun 2021 dan alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 2,32 triliun naik 7%.

Penyerahan DIPA tahun 2022 diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh kepala dan perwakilan kementerian/lembaga yang ada di Cilacap. Kemudian, DIPA tahun 2022 diserahkan kepada Lanal Cilacap, Polres Cilacap, Kejaksaan Negeri Cilacap, Pengadilan Negeri Cilacap, Pengadilan Agama Cilacap dan Kementerian Agama Cilacap.

Selain itu dilakukan penyerahan penghargaan atas kinerja Dana Desa TA 2021 untuk Desa Jetis Kecamatan Nusawungu dari Bupati Cilacap kepada Kepala Dispermades dan penghargaan kinerja pelaksanaan anggaran TA 2021 untuk Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap. (dony/kominfo)

WhatsApp Image 2021 12 14 at 12.50.54

Dokumentasi dan Sumber Berita Diambil Dari : https://cilacapkab.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.