Sabtu tanggal 18 November 2023 pukul 13.00 Wib sampai dengan pukul 17.00 Wib bertempat di Pendopo Wijayakusuma Sakti, Cilacap Tengah, Cilacap, Jawa Tengah. telah dilaksanakan kegiatan Serah Terima Kirap Pemilu 2024 dengan Tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa, yang dihadiri ± 1000 orang Bahwa seremoni serah terima kirab pemilu dilaksanakan

secara simbolis di Pendopo Wijayakusuma Cakti dengan penyerahan Bendera Merah Putih dan Pataka Pemilu dari Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Dzakiyatul Banat, kepada Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Weweng Maretno. Kegiatan tersebut dihadiri Pj Bupati Cilacap,Ketua DPRD Cilacap,Sekda Cilacap,Herianto, YWSPB, SH.,MH (jaksa fungsional Kejari Cilacap) beserta perwakilan forkopimda Cilacap

Adapun Kirab dimulai dari Alun-Alun Kabupaten Cilacap, dan menyusuri rute Jalan S. Parman, Jalan Suprapto, Jalan Di Panjaitan, Jalan Jenderal Sudirman, dan kembali ke alun-alun. Dengan peserta kirab yakni perwakilan Parpol, PPK dan PPS Kecamatan se-Kabupaten Cilacap.kegiatan ini bertujuan sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih, sekaligus menjadi persiapan menuju pelaksanaan Pemilu 2024. Di Cilacap, Kirab Pemilu dimulai setelah menerima Pataka Pemilu 2024 secara estafet dari KPU Kabupaten Kebumen.

Dalam laporannya, Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Dzakiyatun Banat, menyampaikan keberhasilan pelaksanaan Kirab Pemilu selama seminggu di 26 kecamatan yang meliputi 7 dapil. Dan secara nasional kegiatan ini dimulai dari Nusa Tenggara Timur. Adapun pelaksanaan di Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap merupakan titik terakhir dan setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri, Purworejo, dan Kebumen.

Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Weweng Maretno, menyampaikan komitmen untuk menyebarkan informasi Pemilu 2024 sesuai petunjuk teknis dari KPU RI. Kirab di Cilacap menjadi titik awal rute terakhir sebelum puncak acara kampanye damai di Gelora Bung Karno Jakarta. Bahwa Enam hari kedepan nanti akan dilaksanakan juga di setiap daerah pemilihan (Dapil) di seluruh Kabupaten Cilacap. Ini tentu akan sangat meriah karena Cilacap merupakan titik terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *