Kamis tanggal 15 Juni 2023 bertempat di Azana Asia Hotel Kabupaten Cilacap. telah dilaksanakan Rapat GTRA Dalam Rangka Pembahasan Tanah PT. Rumpun Sari Antan (RSA) Kecamatan Cipari dan Tanah RW 23 Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah yang dihadiri oleh Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Jawa Tengah, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Cilacap, Anggota Tim Gugus Tugas Reforma Agraria, FORKOPIMCAM Cipari, FORKOPIMCAM Cilacap Tengah, 5 Kepala Desa dan lurah, Tokoh Masyarakat di Pokmas RW 23 dan 5 Desa di lokasi HGU PT. Rumpun Sari Antan (RSA). Dengan hasil rapat yakni:

  • Lokasi usulan permohonan tanah di RW 23 Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah yang terletak di tepi sungai Bengawan Donan telah dihuni sejak tahun 1975 (48 tahun) oleh sebanyak 148 KK.
  • Bahwa terhadap lokasi tersebut untuk kepastian statusnya, Tim GTRA akan bersurat kepada Kementerian PUPR
  • Bahwa tanah yang dikenal dengan blok Tapungan, akan diusulkan penyelesaiannya melalui Penetapan TORA dan pada akhirnya akan dilakukan redistribusi kepada ±400 KK.
  • Bahwa terhadap areal di luar tapungan yang berasal dari tukar guling akan diselesaikan lebih lanjut dengan pihak PT.Rumpun Sari Antan (RSA) melalui win win solution.

Dimungkinkan sengketa tanah ini masih akan berlanjut dikarenakan kedua belah pihak masih mempertahankan pendapat masing-masing dan akan diagendakan rapat lagi untuk pembahasan serta penyelesaian permasalahan tersebut sehingga akan ditemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *