Selasa tanggal 27 Juni 2023 bertempat di Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap Jalan Jenderal Sudirman No.32 Cilacap. telah dilaksanakan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-30 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2023 dengan tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia maju”

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dian Arinda Murni, S.H., M.M (Mewakili PJ. Bupati Cilacap), Turino Sudarso, S.H (Kepala Sub bagian Pembinaan Kejari Cilacap) beserta jajaran forkopimda cilacap. Dalam kegiatan tersebut disampaikan berkaitan dengan Percepatan Penurunan Stunting. Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa Kabupaten Cilacap merupakan Kabupaten dengan wilayah terluas dan jumlah penduduk terbanyak nomor 2 (dua) di Jawa Tengah, dengan penduduk sebanyak 2.014.768 pada tahun 2022. Apabila dilihat dari sex ratio, jumlah penduduk laki-laki cenderung lebih banyak daripada perempuan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam menangani permasalahan penduduk dan pengendalian penduduk.

Sementara itu, pencapaian Program Bangga Kencana dengan target Indikator Angka Kelahiran Total (Total Fertility Rate/TFR) pada tahun 2022 sebesar 1,92 dari target 2,34. Angka ini melampau angka Provinsi yakni sebesar 2,09 dengan angka kelahiran CBR 13,13 dan jumlah kelahiran 26.454 sehingga kurang lebih ada 75 kelahiran per hari.

Dalam rangka pengendalian penduduk dengan Program KKBPK/Bangga Kencana melalui program KB. Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang terukur, mulai dari Program Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) sampai dengan pengembangan kampung KB sebagai Epicentrum Program KB bersama dengan mitra kerja.

Dimungkinkan peringatan HARGANAS Ke-30 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2023 akan dapat memacu percepatan penurunan angka stunting karena kasus stunting yang masih tinggi menjadi ancaman serius dalam menciptakan generasi bangsa yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *