Pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 bertempat di Ruang Pemeriksaan Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Cilacap. telah dilaksanakan penyerahan dan pemeriksaan tersangka inisial K dan Barang bukti perkara tindak pidana di bidang perpajakan dengan Wajib Pajak PT. SINAR JEMBAR PRATAMA oleh Penyidik Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah kepada JPU Kejaksaan Negeri Cilacap Adapun Diduga telah terjadi tindak pidana di bidang perpajakan oleh Wajib Pajak PT. SINAR JEMBAR PRATAMA dengan NPWP 03.003.229.6-522.000 an. Tersangka KUWATNO alias KUAT HADI WARSITO yang dengan sengaja tidak menyetorkan pajak (PPN) yang telah dipungut.

Tindak pidana tersebut terjadi di Tempat kedudukan PT. SINAR JEMBAR PRATAMA yang beralamat di Jl. Lombok no. 68 RT 001 RW 011, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah; Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap beralamat di Jl. DI Panjaitan no. 32, Kandang Macan, Tegalreja, Kec. Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap atau di tempat kedudukan PT. SINAR JEMBAR PRATAMA yang beralamat di Jl. Lombok no. 68 RT 001 RW 011, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan

tempat-tempat lainnya yang berada di wilayah hukum Pengadilan Negeri Cilacap. Tindak pidana tersebut dilakukan di Masa Pajak Januari 2020 s.d. Desember 2020.

Atas tersangka diduga perbuatan dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara sekurang-kurangnya sebesar Rp. 1.670.362.789,00 (satu milyard enam ratus tujuh puluh juta tiga ratus enam puluh dua ribu tujuh ratus delapan puluh sembilan rupiah).

Adapun pasal yang disangkakan terhadap tersangka yaitu Pasal 39 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Dimungkinkan dengan dilimpahkannya perkara dari Penyidik Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah kepada JPU Kejaksaan Negeri Cilacap tersebut akan segera dilimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri Tipikor di Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *