pengajian kejari cilacappengajian kejari cilacap

CILACAP – Memperingati hari kelahiran nabi besar agama Islam, Nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Pengajian Akbar di Alun-Alun Cilacap, Jumat (28/10/2022). Tausiyah diisi oleh K.H. Ahmad Shoim El Amin.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengajak seluruh masyarakat melalui momentum Maulid Nabi Muhammad SAW untuk merenungkan kembali keteladanan dan tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya. Serta sebagai momentum untuk mendalami ajaran Islam secara benar dan utuh.

IMG 7533

“Melalui peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini saya mengajak kita semua merenungkan kembali keteladanan dan tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW. Ini juga momen agar kita dapat kembali mendalami ajaran Islam secara benar dan utuh termasuk senantiasa meneladani kepribadian, perjuangan dan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam memajukan umatnya,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Nilai-nilai keteladanan Nabi Muhammad SAW, Bupati Tatto menambahkan, harus dijadikan sebuah pegangan dalam menjalani kehidupan.

“Nilai-nilai besar yang dimiliki Rasulullah SAW, harus kita jadikan bahan refleksi agar kita bisa menjadi manusia yang sabar, tegar, tawakal, bertanggungjawab, terus berikhtiar, dan berusaha keras untuk memecahkan segala persoalan, dan tetap bersyukur kepada Allah SWT dalam menghadapi tantangan dan ujian apapun,” katanya.

Sementara dalam tausiyahnya, K.H. Ahmad Shoim El Amin mengatkan bahwa Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah bukti cinta dari Allah SWT untuk seluruh alam dan seluruh makhlukNya sebagaimana tertuang dalam Al-Quran surat Al-Anbiya Ayat 107.

“Kelahiran Baginda Rasul SAW adalah bukti cinta, kado cinta dari Allah SWT, tidak hanya bagi umat Islam, tetapi bagi seluruh alam dan makhluknya. Ini tertuang dalam Al-Quran yang artinya Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad SAW) kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam,” jelasnya.

K.H. Ahmad Shoim juga mengingatkan seluruh masyarakat yang mengikuti tausiyah untuk senantiasa mengingat dan bersyukur akan nikmat Allah SWT karena Allah ingin makhlukNya bahagia.

“Saat kita bahagia, maka kita memiliki semangat, memiliki energi untuk terus berjuang dan terus hidup. Kita punya semangat, kita punya optimisme. Orang yang optimis adalah orang yang produktif, orang yang produktif adalah orang yang siap diajak maju ke depan melanjutkan Bangga Mbangun Desa,” imbuhnya.

Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini diperuntukkan untuk masyarakat umum. Hadir dalam acara ini, perwakilan Forkopimda Kabupaten Cilacap dan pejabat-pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap. (my/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *