Senin tanggal 31 Juli 2023 bertempat di Pendopo Wijayakusuma Sakti Cilacap. telah dilaksanakan Pembukaan Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Cilacap Tahun 2023

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pj Bupati Cilacap dan dihadiri oleh perwakilan jajaran forkopimda Cilacap. Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Paiman, menjelaskan setelah melalui tahap seleksi, ada 76 peserta yang beruntung terpilih sebagai Paskibraka tingkat Kabupaten Cilacap. Dari jumlah tersebut, 74 peserta akan mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Kabupaten, 1 peserta akan mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Provinsi, dan 1 peserta berhak mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Nasional

Penjabat Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa kegiatan pembinaan dan pelatihan Paskibraka tingkat Kabupaten Cilacap ini dapat memberikan bekal dan pengetahuan yang cukup bagi peserta. Sehingga mereka dapat tampil gemilang saat melaksanakan tugas dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 RI tingkat Kabupaten Cilacap.

Pj Bupati Cilacap juga berpesan agar para peserta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme dan semangat cinta tanah air dalam setiap langkah mereka sebagai putra-putri terbaik bangsa. “Banggalah menjadi Paskibraka karena tidak semua mendapat kesempatan. Adik-adik mendapat kesempatan karena disiplin dan memenuhi syarat.

Pembinaan dan pelatihan Paskibraka ini telah dimulai sejak 30 Juli 2023 hingga 18 Agustus 2023. Para peserta menjalani proses karantina dalam kurun waktu tersebut untuk memastikan mereka siap mengemban tugas mulia sebagai pengibar bendera pada peringatan HUT Ri tingkat Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini didukung oleh sejumlah unsur pelatih yang berpengalaman. Terdapat 5 orang pelatih yang akan membimbing para peserta selama proses pembinaan dan pelatihan. Dari keempat pelatih tersebut, 2 orang berasal dari TNI AD, 1 orang dari TNI AL, 1 orang dari Polri, dan 1 orang merupakan pelatih sipil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *