Selasa tanggal 25 Juli 2023 bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Gunungtelu, Kec. Karangpucung. telah dilaksanakan Kegiatan Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023 dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kolonel Czi M. Andi Kusuma, S.Sos, M.M., M.Han (Komandan Korem 0701/WK), Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M. IP (Dandim 0703/Cilacap), Wawan Rusmawan SH.MH (Kasi Intel Kejaksaan Negeri Cilacap) beserta perwakilan forkopimda lainnya

Adapun Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Dudung Abdurachman yang hadir secara virtual melalui video conference dari Komando Daerah Militer III/Siliwangi menyampaikan Bahwa TNI AD dalam pencanangannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih sebagai solusi kesulitan akses masyarakat terhadap air di seluruh pelosok Negeri. Hal ini dilakukan lewat pembangunan sumur bor sebagai bagian dari Program TNI AD Manunggal Air Jenderal Dudung juga menyampaikan bahwa Penyediaan air bukan sebatas air mengalir namun air tersebut harus dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Di samping itu, program pemenuhan air bersih dengan menggunakan sistem sumur bor, pompa hidran serta penyaluran secara grafitasi/non listrik sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat secara ekonomis sehingga tidak membebani masyarakat dalam operasionalnya.

Agar program ini diiringi mampu bertahan lama. maka diperlukan pelatihan teknik pemeliharaan bagi Babinsa dan masyatakat setempat. Guna memastikan keberlangsungan program di lapangan

Semoga dengan terpenuhinya kebutuhan air di wilayah juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian masyarakat. Program ini akan terus dilaksanakan secara menyeluruh di berbagai daerah yang kesulitan akses air bersih di seluruh Indonesia.

Besar harapan Jenderal Dudung kerja sama dari seluruh stakeholder khususnya dari Kementerian PUPR dan pemerintah daerah dapat bersatupadu menyukseskan program pemenuhan air bersih untuk masyarakat sehingga kesulitan air bagi masyarakat di Indonesia dapat teratasi dengan cepat.

Oleh karena itu TNI AD akan terus mengembangkan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di seluruh Indonesia melalu program “TNI ANGKATAN DARAT MANUNGGAL AIR.

Bahwa untuk pembangunan sumur bor sebagai bagian dari Program TNI AD Manunggal Air khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap telah dibangun 3 (tiga) titik sumur bor bertempat di Kecamatan Karangpucung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *