Kamis tanggal 27 Juli 2023 bertempat di RRI Purwokerto JI. Jend. Soedirman No.427, Brubahan, Purwanegara, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. telah dilaksanakan kegiatan Jaksa Menyapa oleh Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Cilacap dengan tema “Bijak dalam Bersosmed”

Adapun acara tersebut dipandu Host.Sdri Fitri dan hadir dari Tim Kejaksaan Negeri Cilacap yakni:

  • Wawan Rusmawan, S.H.M.H. (Kasi Intelijen pada Kejaksaan Negeri Cilacap) sebagai narasumber
  • Daikan Aolia Arfan, S.H. (Kasubsi Ekonomi Keuangan dan PPS pada Kejaksaan Negeri Cilacap) sebagai narasumber
  • Ari Setianto, S.H. (Fungsional BMN Kejari Cilacap)
  • Roni Andriana R, A.Md.Kom (Staff Intelijen)

Acara tersebut juga disiarkan 89,2 fm Cilacap, 93,1 fm purwokerto, 98,6 fm banyumas raya, streaming www.rri.co.id.

Adapun latar belakang judul materi ‘Bijak dalam Bersosmed”. Dikarenakan bahwa zaman sekarang semakin marak tindak pidana yang erat hubungannya dengan media sosial. Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat baik dari segi Agama, Politik dan Ekonomi.

Berbagai dampak positif dan negatif juga banyak terjadi di kehidupan bermasyarakat sehingga Narasumber Kejaksaan Negeri Cilacap dalam kegiatan Jaksa Menyapa ini memberikan sosialisasi terkait bagaimana cara bijak dalam menggunakan sosial media, strategi strategi menghadapi berita hoax dan peraturan perundang undangan terkait UU ITE.

Narasumber menjelaskan bahwa peran Kejaksaan di bidang Intelijen yakni salah satunya memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait kesadaran hukum melalui program Jaksa Menyapa ini. Selain itu hadirnya Jaksa di tengah masyarakat sebagai wujud pelaksanaan program Jaksa Menjawab yang mana Jaksa menjawab secara langsung persoalan hukum, merespon kebutuhan masyarakat dengan cara yang modern dan humanis. Jaksa Menjawab juga sebagai garda terdepan penyampaian informasi publik dan pendidikan hukum bagi masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah. Sehingga masyarakat dapat mengenali hukum dan menjauhi hukuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *