Jum’at tanggal 28 Juli 2023 pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai bertempat di Kabupaten Cilacap, telah dilaksanakan Festival Budaya Nelayan Kabupaten Cilacap Tahun 2023 dilanjutkan arak-arakan menuju pantai Teluk Penyu dan Larungan sesaji serta Jolen ke Tengah Laut yang dihadiri oleh ± 5000 orang Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Cilacap, Ketua DPRD Cilacap, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap beserta forkopimda

Bahwa Festival Nelayan Tahun 2023 berpusat di Pendopo Wijayakusuma Sakti Cilacap. Acara Festival Nelayan Tahun 2023 diawali dengan Upacara Adat. Pada upacara adat tersebut, Prosesi penyerahan Jolen dan Gunungan sesaji dari Ketua HNSI kepada Tumenggung Duta Pangarsa dan Pementasan tarian Sumba Manggala Pengapit

Bahwa setelah Upacara Adat, Jolen diberangkatkan ke Pantai Teluk Penyu Cilacap. Dengan arak-arakan, jajaran Forkopimda yang dipimpin oleh Pj Bupati Cilacap menggunakan kereta Kuda dan Becak. Kemudian diikuti oleh seluruh kelompok nelayan dan masyarakat pembawa Jolen.

Adapun jalur arak-arakan adalah alun-alun Kota Cilacap-Jalan Ahmad Yani-Letjend Sutoyo-Brug Menceng-THR Teluk Penyu Cilacap. Untuk jolen yang dilarung berjumlah 10 (sepuluh) Jolen yakni ber jolen tunggul Bupati Cilacap, HNSI, nelayan PPSC, Pandanarang, Bengawan Donan, Lengkong, Sidakaya, Sentolokawat, Kemiren dan Tegalkatilayu serta dari Alam Lintas Indonesia.

Bahwa kegiatan Gelar Budaya sedekah Laut Tercipta dari tradisi turun temurun Kabupaten Cilacap, sejak zaman Bupati TJakrawer Daya III pada tahun 1875 memerintahkan sesepuh Nelayan Pandanarang bersama Ki Arsa Menawi untuk melarung sesaji pada Jumat Kliwon bulan Sura. Mulai tahun 1983 hingga sekarang, prosesi ini dijadikan atraksi wisata gelar budaya yang dikemas menjadi Festival Nelayan. Harapannya kegiatan ini dapat mendongkrak sektor pariwisata dan banyak dikunjungi wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *