Sabtu tanggal 29 Juli 2023 bertempat di Hotel ASTON Inn CILACAP JI. Budi Utomo No. 37 Cilacap. telah dilaksanakan Resepsi Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2023 dengan tema “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” dengan tagline “Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju”. yang dihadiri 100 orang Kegiatan tersebut dihadiri oleh Taufik Nurhidayat (Ketua DPRD Kabupaten Cilacap), Umar Said, S.E., MM (Kepala Dinas Perdagangan dan Koprasi Kabupaten Cilacap), Ketua Dekopinda Kabupaten Cilacap, Ari Setianto,SH (Ketua Adhyaksa KPRI Cilacap), Para Pengurus beserta Seluruh Anggota Koperasi se- Kabupaten Cilacap

Dalam sambutannya Umar Said, S.E., MM (Kepala Dinas Perdagangan dan Koprasi Kabupaten Cilacap) (Mewakili PJ. Bupati Cilacap) membacakan Pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI yang pada intinya Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Untuk menyejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota. Di situlah inti dari koperasi sebagai perusahaan di mana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasanya Dengan menyatukan kepentingan di bawah koperasi, efisiensi kolektif dapat dilakukan, posisi tawar terhadap pasar dapat ditingkatkan, serta konsolidasi sumberdaya untuk berbagai usaha dapat diselenggarakan.

Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Dari Sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya.Dengan substansi yang kaya dan fundamental tersebut, kami meyakini wajah koperasi Indonesia akan berubah 5 sampai 10 tahun mendatang setelah UU tersebut disahkan. Inilah momentum pemajuan koperasi sebagai kunci meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dimungkinkan dengan majunya koperasi menunjukkan ekonomi masyarakat semakin meningkat dan sejahtera sehingga pemerintah berupaya mengembangkan koperasi di berbagai sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *