Selasa tanggal 14 November 2023 bertempat di Ruang Anggraeni Lt.5 Hotel Sindoro Jl. Jendral Sudirman No.1 Cilacap. telah dilaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyuluhan Hukum dalam penyelenggaran Pemerintah Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa se- Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap kegiatan tersebut diikuti 70 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Kasi Pemerintahan, serta Kepala Dusun (Pelaksana Teknis Kewilayahan) se Kecamatan Jeruklegi

Bertindak sebagai narasumber yakni Daikan Aolia Arfan, S.H (Kasubsi Ekmon dan PPS Kejari Cilacap) Adapun Narasumber dari Kejaksaan Negeri Cilacap menyampaikan pemaparan dengan judul materi”JAGA DESA yang isinya yakni terkait Sosialisasi program Jaga Desa yang dalam hal tersebut juga dijelaskan terkait peran dan tupoksi Kejaksaan, serta pengelolaan dana Desa. sebagaimana dimaksud dalam Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2023 Tentang Optimalisasi Peran Kejaksaan Republik Indonesia Dalam Membangun Kesadaran Hukum Masyarakat Desa Melalui Program Jaksa Garda Desa (Jaga Desa).

Bahwa melalui Program Jaga Desa diharapkan bisa menekan permasalahan yang dihadapi oleh Kepala Desa dan Perangkatnya, sebagai bentuk fungsi pencegahan terjadinya Tindak Pidana Korupsi atas dana Desa dan dana-dana bantuan yang diterima Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *